50 Rumah Warga di Wonosoco Kudus Terendam Banjir Bandang

50 Rumah Warga di Wonosoco Kudus Terendam Banjir Bandang – Banjir bandang bercampur lumpur menerjang Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Selasa (4/12/2018) sore. Kira-kira 50 rumah terendam banjir bandang. Tetapi tdk ada korban jiwa dari momen itu.

Beberapa puluh rumah itu menyebar di tiga RT yaitu RT 1, 2, serta 4. Kira-kira 20 menit, rumah itu diterjang air bah. Hampir seluruhnya sisi rumah digenangi air bercampur lumpur.

Sintia Devi masyarakat RT 4 mengtakan, tempat tinggalnya tidaklah sampai kemasukan air. Tetapi rumah tetangganya banyak yg kebanjiran.

“Rumah saya tidak kemasukan air. Tetangga saya di muka rumah serta di RT 1 serta 2 banyak yg kemasukan air,” kata Sintia di tempat RT 1 yg dipenuhi lumpur.

Awalannya, hujan turun dengan deras kira-kira waktu 14.00 WIB. Hampir 1,5 jam hujan mengguyur. Kira-kira waktu 14.30 WIB, air Sungai kuscangkring meluap serta masuk pemukiman masyarakat kira-kira.

Menurut dia, air bekerja deras penuhi permukaan jalan kampung. Lantas, air masuk ke rumah masyarakat.

Pantauan di tempat, jalan kampung penuh lumpur tebal. Begitupun di rumah yg kemasukan air bercampur lumpur. Mereka keluarkan kursi, kasur, serta alat rumah tangga lainnya. Walau air udah surut secara sekejap, lumpur masihlah penuhi pekarangan serta rumah masyarakat.

Sekarang ini mereka masihlah bersihkan rumah dengan menyikat serta menyemprot air ke sisi yg terkena lumpur. Beberapa petugas BPBD bersama dengan masyarakat turut bersihkan lumpur.

“Sungai Kuscangkring meluap. Air dari pegunungan Kendeng, turun ke sungai. Rumah terdampak 50 unit. Rumah kemasukan air serta lumpur,” kata Setyo Budi, Kepala Desa Wonosoco di tempat.

Sekarang ini, pihaknya udah memohon pemberian air dari BPBD. Maksudnya adalah untuk bersihkan permukaan lumpur. Momen ini berlangsung gara-gara talud dinding sungai belum pula seluruhnya dibikin. Hal demikian menyebabkan sungai meluap masuk ke rumah masyarakat.