BPOM Denpasar Menyita 247 Item Kosmetik Tanpa Izin Edar

BPOM Denpasar Menyita 247 Item Kosmetik Tanpa Izin Edar – Balai Besar Pengawasan Obat serta Makanan (BPOM) Denpasar, Bali sukses mengambil 247 item kosmetik tanpa adanya izin edar serta mempunyai kandungan bahan beresiko dengan banyaknya paket 10. 751. Penyitaan dilaksanakan di tiga Kabupaten serta Kota ialah Denpasar, Badung serta Gianyar pada (13/7).

Kepala Balai Besar POM di Denpasar, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni mengemukakan operasi dilaksanakan di 28 area seperti toko, distributor, klinik kecantikan, pengecer, serta importir.

” Dari 28 yang kita monitor, ada 11 yang tak penuhi peraturan karena jual atau mendisplay beberapa produk yang tanpa adanya izin atau mendisplay beberapa produk bahan beresiko, ” kata Aryapatni di Kantor BPOM Denpasar, Bali, Rabu (18/7).

Dari 247 item dengan 10. 751 kosmetik di mulai dari masker, cleanser, day crem, whitening, lotion, serta suplemen tiens, nilainya sampai Rp 2. 097. 673. 800.

” Untuk yang sangat banyak temuan yang tak penuhi label atau penandaan. Karena sesuai dengan yang kami lihat di lapangan beberapa produk itu udah tercatat awal kalinya namun tak menuliskan nomer izin edar pada label, ” tuturnya.

” Jadi kategorinya tak penuhi pemilihan penandaaan. Jadi kita tak lanjuti yang tanpa adanya izin edar serta yang mengadung bahan beresiko. Sesuai sama public warning yang di keluarkan oleh BPOM, ” imbuhnya.

Seterusnya, beberapa ribu kosmetik tanpa adanya izin edar atau yang yang memiliki kandungan bahan beresiko itu dapat dimusnakan.

” Tindak lanjutnya, kita dapat lakukan pemusnahan oleh pemilik barang. Lalu, ditambahkan dengan berita acara. Pastinya kita dapat juga susuri ke supplier. Selanjutnya, dari hasil pelacakan ini dapat kita tindaklanjuti dengan bekerjasama dengan BPOM ditempat aslinya dan kita dapat laporkan, ” tandas Aryapatni