Curah Hujan Tinggi, 2.949 Rumah di Kuansing Riau Terdampak Banjir

Curah Hujan Tinggi, 2.949 Rumah di Kuansing Riau Terdampak Banjir – Curah hujan yg cukuplah tinggi membuat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) di Riau dirundung banjir. Tertulis ada 2.949 rumah terdampak banjir.

“Dari data yg kita kumpulkan ada 2.949 rumah terdampak banjir dari luapan sungai Kuantan. Ada 9 kecamatan sekarang yg terserang banjir,” kata Kapolres Kuansing AKBP Muhammda Mustofa pada wartawan, Selasa (6/11/2018).

Mustofa memaparkan, situasi banjir ini sangat kritis pada masyarakat desa yg berada di selama bantaran sungai Kuantan. Ketinggian air karena luapan banjir ada yg menggapai 1,5 mtr.. Beberapa kembali rata-rata menggapai 60 cm sampai 90 cm.

“Walaupun rumah masyarakat sekarang terkepung banjir, belumlah ada yg mengungsi, tak ada korban jiwa. Mereka cuma selamatkan barang-barangnya buat dibawa ke area yg tak terserang babjir,” kata Mustofa.

Walaupun belumlah ada yg mengungsi, akan tetapi pihak Polres Kuansing udah dirikan tenda darurat buat menyimpan masyarakat jika selanjutnya mesti tinggalkan tempat tinggalnya.

“Masyarakat belum juga mengungsi, sebab sejumlah besar rumah di bantaran sungai berwujud panggung. Meskipun begitu, kita terus buat persiapan tenda buat penampungan,” tukasnya.

Kapolres Kuansing ini udah mengintruksikan ke jajarannya buat terus memonitor area banjir sebab curah hujan tetap tinggi. Pihak kepolisian pun berikan pertolongan berbentuk sembako ke masyarakat yg terserang banjir.

“Anggota kita di lapangan pun menopang masyarakat yg selamatkan barang-barangnya buat dibawa ke tempat yg aman,” kata Mustofa

“Ada 1.500 hektare sawah penduduk sekarang teredam air. Situasi sawah yg terdampak banjir sekarang tak dapat dikendalikan penduduk,” tutup Mustofa.