Dalam Keadaan Hamil Mending Di Tunda Untuk Puasa

Dalam Keadaan Hamil Mending Di Tunda Untuk Puasa – Ibu hamil (bumil) didalam agama Islam diberikan kemudahan tidak apa-apa bila tidak berpuasa. Hal tersebut untuk memperhatikan perubahan serta kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya. Tetapi, bagaimana bila bumil tetaplah memaksakan diri menginginkan berpuasa?

Bumil dapat ganti puasanya di hari lain atau mungkin dengan membayar fidyah. Sebab tidak semuanya bumil diijinkan berpuasa, bergantung dari berat tubuh sepanjang hamil serta anjuran dari dokter kandungan serta kebidanan.

” Wanita hamil tidak diharuskan puasa karna dapat menggantinya di lain hari, ” tegas Paka Gizi Fakultas Kesehatan Orang-orang Kampus Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari pada JawaPos. com, Sabtu (3/6).

Diah memberikan bila bumil alami mual muntah yang hebat baiknya tidak berpuasa. Bumil bila tidak dapat makan dalam jumlah banyak hingga mesti makan dalam frekwensi kerap, jadi baiknya juga tidak berpuasa. ” Karna bila dipaksakan bakal mengganggu perubahan janin serta kesehatan ibu sendiri, ” ungkap Diah.

Tetapi bila bumil terasa kuat serta sehat dan bertambahnya berat tubuh sepanjang hamil juga baik, jadi bila bakal berpuasa tidak jadi masalah. Hal tersebut pasti dengan juga memertimbangkan apakah keadaan ibu serta janinnya aman.
Tanyakan terlebih dulu hal tersebut pada dokter spesialis kandungan serta kebinanan.

Diah menyatakan, jadi jika ibu hamil tetaplah menginginkan berpuasa, jadi mesti memertimbangkan apakah dapat memenuhi keperluan zat gizi keseluruhnya. Untuk ibu hamil yang diijinkan berpuasa, jadi janganlah memaksakan diri bila di dalam berpuasa alami keadaan fisik yang lemah. (cr1/JPG)