Domba Yang Lebih Banyak Dari Warganya

Jumlah hewan ternak domba di Kabupaten Purwakarta sekarang ini telah mengalami kelebihan. Dan bahkan jumlah domba disana telah melebihi jumlah masyarakat di kabupaten Purwakarta. Jumlah warga dilihat dari data Dinas Kependudukan serta Catatan Sipil sebanyak 960.000 orang. Dilain pihak, jumlah hewan domba berdasarkan Dedi Mulyadi selaku Nupati Purwakarta  sebagai daerah yang menghasilkan ternak utama di daerah Jawa Barat.

Ita Sriwuryusturati selaku Kepala Bidang Peternakan di Dinas Peternakan serta perikanan Purwakarta menyatakan kalau surplus domba kebijakan dari Bupati Purwakarta.

“Kita telah memasok sekitar 10% kebutuhan domba yang ada di Jawa Barat, dan hari ini ada setidaknya 11 juta populasi dimba disini,” ujar Ita.

Tak hanya dalam hal kualitas saja, segi kapasitas juga tak kalah dari domba hasil dari produksi Garut, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Bandung Barat. Dan juga Purwakarta memetik juara ke 3 kontes ternak domba ajang nasional kategori ratu bibit.

“Surplus domba tak terlepas dari program pendidikan yang berkarakter. Namun kami tak bakal berhenti, progam semacam ini kami jadikan prioritas,” imbuhnya.