I Made Suprateka BIcara Soal PLN LIKE

I Made Suprateka BIcara Soal PLN LIKE – Mendekati Hari Listrik Nasional ke-72 pada 27 Oktober kelak, PLN kembali mengadakan LIKE (Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition) . Acara tahunan yang berjalan pada 17-19 Oktober 2017 ini mencakup Seleksi Penghargaan Karya Penemuan Pegawai, Knowledge Berbagi, Innovator Talkshow, Festival Budaya, serta PLN Expo.

LIKE PLN adalah transformasi dari KNIFE (Knowledge, Norm, Innovation, Festival, and Exhibition) yang sudah ditunaikan sejak mulai 2009. LIKE dikehendaki bisa membuat budaya pengelolaan pengetahuan yang hasilkan beberapa produk penemuan yang diimplementasikan di lingkungan perusahaan.

” Lewat LIKE PLN, manajemen menginginkan mendorong serta merangsang banyak pegawai untuk selalu lakukan penemuan dalam bekerja dan dapat mengaplikasikan penemuan dalam menolong penyelesaian pekerjaan di unit-unit PLN, ” papar Kepala Unit Komunikasi Korporat, I Made Suprateka.

Pada LIKE 2017, ada 357 karya penemuan pegawai PLN serta Anak Perusahaan yang terdiri jadi lima kelompok, yakni Pembangkitan, Transmisi serta Distribusi, Technical Dukungan, Non-Technical Dukungan Pelaksanaan serta Non-Technical Dukungan Manajemen.

Saving dari karya-karya ini meraih Rp 1. 348. 930. 000. 000. Sebanyak 50 karya salah satunya juga akan masuk langkah seleksi final di arena LIKE 2017.

Seleksi Penghargaan Karya Penemuan (SPKI) berguna jadi media manajemen beri motivasi banyak pegawai dengan terus-terusan agar bisa lebih bertindak serta bertanggungjawab dalam melakukan tugasnya. SPKI ini senantiasa alami penambahan pada tiap-tiap tahunnya, s/d th. 2017 jumlah karya penemuan yang dibuat sekitar 3. 263 karya penemuan dari semua unit PLN di Indonesia.

Fungsi penemuan pastinya untuk membuat nilai lebih untuk penambahan kemampuan perusahaan, seperti kenaikan efisiensi, penurunan heat rate pembangkit, percepatan saat pemeliharaan serta atau service, serta menaikkan aspek ketersediaan (availability factor) .

Dalam rangka menaikkan efisiensi, penemuan diarahkan pada perbaikan fuel mix, pengurangan jam masalah, penurunan losses jaringan, serta penambahan produktivitas pegawai.

” PLN selalu berinovasi serta menanamkan budaya pembelajar pada banyak pegawainya. Tetapi kami juga menginginkan sharing pengetahuan dengan warga. Oleh karenanya, karya-karya penemuan pegawai juga akan dipamerkan dalam PLN Expo pada 18 hingga 19 Oktober 2017 di Plaza Terbuka PLN Kantor Pusat, ” ungkap Made.

Pada saat ini, PLN juga meluncurkan jurnal Daya Kelistrikan yang memuat makalah ilmiah tentang tehnologi serta pengelolaan daya kelistrikan dari semua Indonesia dalam bhs Inggris atau bhs Indonesia.

Penerbitan jurnal daya kelistrikan ini mempunyai tujuan jadi wadah publikasi serta diseminasi riset ilmiah yang bersangkutan dengan daya kelistrikan dan untuk mengelola pengetahuan di sektor kelistrikan yang menyebar di semua Indonesia.

Jurnal ilmiah ini membidik segmen pembaca untuk banyak praktisi serta paka di sektor kelistrikan di Indonesia. Penerbitan dijalankan dengan berkala tiap-tiap tahunnya oleh Perpustakaan PLN Puslitbang Jalan Duren Tiga No. 102, Pancoran Jakarta Selatan-12760.