Investor Pasar Turi Jadi Tersangka, Pedagang Malah Sujud Syukur |Peristiwa

Investor Pasar Turi Jadi Tersangka, Pedagang Malah Sujud Syukur |Peristiwa – Direktur Penting PT Gala Bumi Perkasa, Henry J Gunawan ditetapkan Polda jawa timur juga sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan di Pasar Turi,Surabaya. Sejumlah pedagang pasar legendaris inipun, menggelar sujud syukur, Sabtu 20/2.

Penetapan investor tunggal proyek pembangunan Pasar Turi itu tertuang dalam Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan ke 4 nomer : B/228/SP2HP-4/II/2016/Ditreskrimum, tanggal 19 Febuari 2016, dan ditandatangani Plt Wadireskrimum Polda jatim, AKBP Awan Hariono.

Atas terbitnya surat ini, puluhan pedagang Pasar Turi juga menggelar sujud syukur di posko pedagang, yang berada di area penampungan. “Ini bukti-bukti tindak pidananya sempurna. Sejak dilaporkan Januari 2015 dahulu, ini (penetapan) sudah setahun lebih. Kami sangat senang dengan berita ini,” terang kuasa hukum pedagang, I Wayan Titip Sulaksana, di dampingi Abdul Hadir, yang juga kuasa hukum pedagang.

Tak hanya menetapkannya yang merupakan tersangka, para pedagang pun meminta polisi serta melaksanakan pencekalan dan penahanan kepada Henry. “Jangan hanya sebagai tersangka, dia pun harus dicekal dan ditahan, jika tidak akan kabur,” ujar Wayan. Henry diduga lakukan penipuan terhadap kira kira 4500 pedagang, yang dijanjikan menempati stan Pasar Turi Baru. Pedagang, diminta membayar stan Rupiah 10 juta, biaya notaris Rp 1,5 juta, serta biaya hak pakai stan. Total biaya mencapai Rp 1,4 triliun.