Karena Nekat Cetak Serta Sebarkan Uang Palsu, Dua Orang Di Tangkap Polisi

Karena Nekat Cetak Serta Sebarkan Uang Palsu, Dua Orang Di Tangkap Polisi – Slamet Raharjo (50), warga Desa Makmur, Kabupaten Pelalawan serta Siti (51) warga Sebatang Barat Kabupaten Siak di tangkap polisi. Keduanya nekat cetak serta mengedarkan uang palsu ke orang-orang untuk memperoleh keuntungan.

Kapolres Siak AKBP Barliansyah menyebutkan, keduanya di tangkap atas laporan warga inisial Rel yang resah karna terima uang dari ke-2 aktor yang nyatanya palsu. Ke-2 aktor sering bertransaksi jual beli dengan menggnakan uang palsu tersebut di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau.

” Masalah ini tersingkap saat ada pedagang yang jual ikan, si aktor yang wanita (Siti) beli dagangan korban berbentuk ikan sejumlah 7 kg. Aktor cepat-cepat pergi sesudah membayar dengan uang palsu itu, sejumlah Rp 420 ribu, ” kata Barliansyah.

Terasa sudah ditipu, korban juga memberikan laporan peristiwa itu ke kepolisian setempat. Lalu Kapolsek Koto Gasib Ipda Iswandi serta anak buahnya lakukan penyelidikan dengan mencari aktor. Selang beberapa saat, aktor Siti di tangkap.

” Tersangka Siti di tangkap waktu ada di tempat tinggalnya Kampung Pinang Sebatang, waktu itu dia ingin pergi berjualan. Lantas petugas mengecek dompetnya, serta temukan beberapa uang palsu, ” ucap Barliansyah.

Pada polisi, Siti mengakui dianya peroleh uang palsu itu dari Slamet, rekan prianya. Lalu polisi lakukan pengembangan dengan mencari kehadiran Slamet.

Tidak juga perlu saat lama, Slamet di tangkap sore harinya sekitaran jam 16. 45 Wib waktu sekali lagi bekerja jadi buruh bangunan di satu perumahan. Lantas polisi memohon Slamet untuk tunjukkan di mana tempat tinggalnya. Dirumah Slamet, petugas temukan mesin printer merk Canon yang dipakai untuk cetak palsu itu.

” Petugas juga temukan uang palsu dari tangan ke-2 tersangka keseluruhan Rp 530 ribu, dengan rician uang pecahan Rp 100 ribu 4 lembar, Rp 50 ribu 2 lembar, Rp 10 ribu 10 lembar, serta pecahan Rp 5 ribu 6 lembar, ” jelas Barliansyah.

” Sekarang ini ke-2 aktor telah ditahan untuk sistem hukum setelah itu. Tanda bukti uang palsu kita sita untuk kebutuhan penyidikan, ” pungkas Barliansyah.