Ke Dua Menteri Turki Di Jatuhi Sangsi Ekonomi

Ke Dua Menteri Turki Di Jatuhi Sangsi Ekonomi – Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sangsi pada dua menteri dalam deretan kabinet Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Sangsi ini berubah menjadi sisi dari usaha memaksa Turki memulangkan pendeta AS yg ditahan di negara itu sepanjang hampir dua tahun paling akhir, berkaitan perkiraan terorisme.

Pendeta Andrew Brunson asal AS diamankan otoritas Turki pada Oktober 2016. Dia dituding menolong organisasi pimpinan ulama Fethullah Gulen, yg tinggal di AS serta dituding mendalangi usaha kudeta pada Erdogan tahun 2016 kemarin. Brunson udah menyanggah sangkaan itu.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis (2/8/2018), Departemen Keuangan AS ambil perbuatan tegas dengan menjatuhkan sangsi ekonomi pada Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul serta Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. AS merasa kedua-duanya ikut serta dalam penangkapan serta penahanan Brunson.

” Penahanan pendeta Brunson yg sewenang-wenang serta penuntutan yg selalu berlanjut oleh otoritas Turki jelas tdk dapat di terima, ” tegas Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dalam pengakuannya. ” Presiden Trump udah berulang-kali memperjelas kalau Amerika Serikat menghendaki Turki buat membebaskannya (Brunson-red) selekasnya, ” tuturnya.

Ke-2 menteri Turki yg dijatuhi sangsi ekonomi bermakna dibatasi transaksi finansialnya oleh otoritas AS.

” Kami tdk lihat bukti kalau Pendeta Brunson udah lakukan pelanggaran serta kami meyakini dia berubah menjadi korban penahanan tdk adil serta tdk benar oleh pemerintah Turki, ” tegas jubir Gedung Putih, Sarah Sanders, pada wartawan.

Perkara penahanan Brunson ini bikin jalinan AS-Turki bertambah tegang. Brunson telah 21 bulan ditahan di penjara Turki sampai minggu terus dia diputuskan jadi tahanan rumah. Pada Selasa (31/7) terus, pengadilan Turki menampik permintaan Brunson supaya dibebaskan dari tahanan rumah sepanjang persidangan kasusnya berproses.

Brunson didapati telah 23 tahun tinggal di Turki serta berubah menjadi pendeta di Gereja Kebangkitan Izmir. Waktu diamankan, Brunson berubah menjadi satu diantara 50 ribu orang yg dituduh ikut serta dalam usaha kudeta. Brunson terancam 35 tahun penjara apabila dinyatakan bersalah atas tuduhan terorisme.

Diucapkan Sanders, Presiden Donald Trump udah mengkaji perkara Brunson ini dengan cara langsung dengan Erdogan. Bulan terus, Trump bersama dengan Wakil Presiden AS Mike Pence serta Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yakini mereka dapat pastikan pembebasan Brunson. Sewaktu kepercayaan itu tdk terwujud, AS mulai meningkatkan desakan pada pemerintah Turki.

Dalam penerbangan ke Singapura, Menlu AS Pompeo menyebutkan kalau pemerintah Turki menampik buat membebaskan Brunson ‘setelah berulang-ulang dikerjakan percakapan pada Presiden Trump serta Presiden Erdogan serta percakapan saya dengan Menlu (Mevlut) Cavusoglu’.

” Presiden Trump menyimpulkan kalau sanksi-sanksi ini adalah perbuatan pas, ” tegas Pompeo.