LIPI Meluncurkan Survey Berkenaan Pemilihan Presiden 2019

LIPI Meluncurkan Survey Berkenaan Pemilihan Presiden 2019 – Pusat Riset Politik LIPI meluncurkan survey berkenaan Pemilihan presiden 2019, 19 Juli 2018. Satu diantaranya dalamnya, berkenaan nama Prabowo Subianto jadi calon wakil presiden Jokowi yang diharapkan pemilih orang no satu di Indonesia itu.

” Menariknya 12, 7 prosen pemilih Jokowi katakan Prabowo jadi calon wakil presiden sangat pas buat menemani Jokowi, ” kata periset LIPI Wawan Ichwanudin waktu menjelaskan hasil survey di daerah Senayan, Jakarta Selatan.

Dia mengira hal semacam itu disebabkan umum memandang cairnya interaksi dua sebelah pihak mendekati Pemilihan presiden 2019.

” Untuk pengamat ini kemustahilan, untuk umum, mungkin saja karna ingin pemisahan itu melunak mencair semacam itu, ini jadikan Prabowo jadi calon wakil presiden Jokowi, ” paparnya.

Dalam survey ini, Prabowo memuncaki daftar calon wakil presiden Jokowi dengan angka 12, 7 prosen. Daftar calon wakil presiden itu ditarik dari banyaknya simpatisan Jokowi di angka 58, 2 prosen atau 1. 223 responden.

Tempat selanjutnya diduduki Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (11 prosen), eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo (10, 2 prosen), Agus Harimurti Yudhoyono (8, 1 prosen).

Nama Mahfud MD yang ramai diisukan berubah menjadi calon wakil presiden Jokowi di tempat ke-7 dengan elektablitas 3, 3 prosen. Dibawah wakil presiden Jusuf Kalla (7, 2 prosen), Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok (6, 7 prosen), dan Muhaimin Iskandar (4, 7 prosen).

Tidak hanya itu ada nama Cagub Ja-bar dipilih Ridwan Kamil (2, 1 prosen), Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo (2 prosen), serta Menkeu Sri Mulyani (2 prosen).

Nama yang dimaksud masuk kantong Jokowi seperti Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Romahurmuziy, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tidak masuk. Dalam irisan kombinasi tokoh yang lain ada di angka 7 prosen.

Survey ditunaikan pada 19 April sampai hingga 5 Mei 2018 dengan wawancara tatap muka. Survey punya responden 2. 100 orang yang diambil dengan langkah multistage random sample. Margin of error survey sebesar kira-kira 2, 14 prosen pada tingkat keyakinan 95 prosen.