Mengupas Lempar Jumrah Sebagai Hal Krusial |Peristiwa

Mengupas Lempar Jumrah Sebagai Hal Krusial |Peristiwa Puncak haji, wukud di Arafah dijadwalkan jatuh terhadap 10 September akan datang. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggelar rapat koordinasi yang dipimpin serta-merta oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji & Umrah Abdul Djamil. Salah satu faktor yang paling krusial dibahas yakni terkait jadwal lempar jumrah.

“Rapat ini membicarakan persiapan pucak haji di Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina), mulai sejak dari pergerakan pemberangkatan jemaah haji dari Makkah menuju Arafah, dulu wukuf di sana. Itu berarti mempersiapkan faktor terkait pembuatan wukuf seperti kesiapan tenda, pendingin tenda, & Pegawai yang selalu dapat melayani jemaah haji,” kata Abdul Djamil, Senin (29/8).

“Selesai wukuf, & ketika tenggelamnya matahari tanggal 9 Dzulhijjah, berangsur jemaah dipindah ke Muzdalifah buat mabit (menginap) dulu Mina buat melontar jumrah,” imbuhnya.

Tidak Cuma Kepala Unit Operasional Armina, rapat dihadiri para Direktur, Kepala Sektor pelayanan, pun Kepala Bidang pemondokan jemaah haji di Makkah. Menurut Djamil, rapat koordinasi lintas sektor ini mutlak buat menentukan kesiapan mengingat para Pegawai bakal mengawal pergerakan kurang lebih 155.200 dari pemondokan menuju Arafah, Muzdalifah, dulu ke Mina buat melontar.