Pemerintah Jatim Siap Salurkan Air Bersih Buat Yang Kekeringan

Pemerintah Jatim Siap Salurkan Air Bersih Buat Yang Kekeringan – Pemerintah Propinsi Jawa Timur lekas melaksanakan dropping air ke kabupaten/kota yang terdampak kekeringan. Syaratnya, bupati/wali kota lekas memberikan surat pemberitahuan darurat kekeringan di daerahnya.

Sampai waktu ini, ada lima kabupaten yang udah memberikan pemberitahuan darurat kekeringan, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, serta Kabupaten Probolinggo

Cara tadi dijalankan Gubernur Ja-tim Soekarwo menindaklanjuti imbauan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (12/9/2017) biar segala kepala daerah lekas melaksanakan penelusuran wilayahnya perihal kekeringan.

Dari 422 desa di 27 kabupaten yang alami kekeringan di Jawa Timur, ada 183 desa yang posisinya diatas pegunungan, jadi mesti dijalankan dropping air dalam penampungan air. Ini dijalankan dikarenakan rekayasa tekhnis seperti pembuatan sumur bor, pipanisasi tdk sanggup dijalankan. Dan bekasnya masih tetap dapat dijalankan rekayasa tekhnis.

” Beberapa lokasi pegunungan, pipa air tdk dapat menjangkaunya. Kalau tdk diberi dukungan, jadi hal penting, terutama di daerah pantai selatan serta Madura, ” papar Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Ja-tim.

Dia mengimbuhkan, dari jumlah 8. 501 jumlah desa di Jawa Timur, th. 2015 jumlah 541 desa alami kekeringan. Dari jumlah desa kering itu, udah dijalankan rekayasa tehnologi untuk 119 desa, jadi pada th. 2017 kekeringan cuma berlangsung pada 422 desa. ” Th. 2016 sendiri tdk berlangsung kekeringan di Ja-tim, ” tukasnya.