Pemerintah Perlu Satelit Sendiri Untuk 2019 |Teknologi

Pemerintah Perlu Satelit Sendiri Untuk 2019 |Teknologi Pemerintah menegaskan adanya keperluan satelit buat mensupport akses broadband sampai ke desa di semua Indonesia di 2019. Dikala ini infrastruktur mutlak pemerintah buat akses broadband itu memanfaatkan jaringan kabel serat optik yang dibangun melalui proyek Palapa Ring.

Rudiantara, Menteri Komunikasi & Informatika, menyampaikan satelit ini dibutuhkan biar pemerintah mempunyai jaringan sendiri. Kepentingan ini diinginkan dapat dipenuhi tidak jauh dari target pemerintah sediakan akses broadband ke semua Indonesia terhadap 2019. Sementara ini pemerintah konsentrasi di proyek Palapa Ring.

“Pengadaan satelit mampu memakai model proyek Palapa Ring. Tetapi, pemerintah belum memutuskan satelit ini dibangun sendiri atau sewa transponder dari operator satelit lain. Kami cari model yang efisien,” kata Rudiantara, usai hadiri Selular Award 2016 di Jakarta, Rabu (25/5) tengah malam.

Kata beliau, satelit ini nantinya prioritas buat pemerintah, tetapi bisa pula buat industri. “Tidak sanggup buat consumer serta-merta,” lanjut KEMENKOMINFO.

Soal slot orbit satelit tersebut, menteri mengaku pemerintah miliki slot orbit satelit cadangan yang dapat diperlukan. Pemerintah cuma butuh menotifikasi ke International Telecommunication Union . “Bukan masalah slot orbit saja, tetapi ground station di bumi. Seperti mesti tonton diameter berapa agung,” kata dirinya.