Penumpukan Pemudik Kemenhub Antisipasi Siapkan 6 Titik

Penumpukan Pemudik Kemenhub Antisipasi Siapkan 6 Titik – Kementerian Perhubungan selalu menyiapkan diri menyongsong mudik Lebaran 2017. Kemenhub bakal menghadapi penimbunan jumlah pemudik di enam titik.

” Dari diskusi kita, ada enam tempat yang perlu di perhatikan cermat. (Bandara) Soekarno-Hatta, (Stasiun) Gambir, (Tol) Cipali, Merak, Batam, serta Balikpapan. Ini kita exercise dengan cara spesial bagaimana kita menanganinya, ” tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Ternate, Maluku Utara, Senin (8/5/2017).

Menhub menyebutkan Jalan Tol Cipali jadi perhatian spesial. Ini karna banyak pemudik yang bakal menuju daerah Jawa Tengah.

” Yang paling banyak komplikasi Cipali. Gerakan dari Jakarta ke Jawa Tengah besar serta terbatas juga karna banyak saudara kita. Namun karna relatif dekat, mereka pulang, ” sebut dia.

Untuk menangani penimbunan pemudik serta kemacetan, satu diantara langkah Kemenhub yaitu mengoptimalkan transportasi hawa. Menurut dia, ada kenaikan 9 % berkaitan pemakaian pesawat sebagai fasilitas melancong.

” Dari yang kita tekuni, angkutan hawa perkembangan paling banyak, kenaikannya 9 % karna hawa relatif singkat, ruangannya masih tetap ada serta daya beli orang-orang semakin tumbuh. Kami minta ke operator bandara serta airlines tingkatkan, ” kata Budi.

Menhub bakal perpanjang jam operasi bandara. ” Bila Soetta kan telah hingga jam 24. 00 WIB, namun Yogyakarta, Malang, Surabaya, Solo belum. Kami telah bisa kesepakatan dari AD, AU, AL untuk ditambah, ” ujarnya.