Rencana Bantuan Kapal 3.000 Unit

Para nelayan di daerah perbatasan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, masih memakai kapal jenis trawl untuk mencari ikan. Hal itu lantaran adanaya kebijakan dari pemerintah daerah yang telah mengijinkan trawl sampai tahun 2017 mendatang. Kepala Pembangunan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu Kementrian Kelautan serta Perikanan, Amrullah menyatakan, setidaknya ada 300 kapal jenis trawl sekarang ini beroperasi di kawasan perairan perbatasan.

“Di Kecamatan Sebatik Barat ada 310 kapal. Jika semuanya mencapai sekitar 500 kapal,” ungkapnya.

Pemakaian kapal trwal di kawasan perbatasan Sebatik telah membuat kebanyakan nelaan kesulitan untuk  mendapat kartu nelayan. Dari sebuah pendataan dari Dinas Kelautan serta Perikanan Kabupaten Nunukan mencatat ada 1.928 dari 2.386 nelayan sudah mendapatkan kartu nelayan.

“Dengan memakai kartu nelayan ini nantinya meraka bakal mendapatkan asuransi baik nanti sakit atau kecelakaan kerja,” imbuhnya.

Di tahun ini, Kementrian Kelautan serta Perikanan di rencanakan akan membagi bantuan bentuk kapal 3.00 unit untuk para nelayan di Indonesia. Sakah satu syarat untuk bisa mendapatkan bantuan kapal itu ialah mempunyai kartu nelayan serta tergabung dalam koperasi.