Samadikun Tertangkap Di China |Peristiwa

Samadikun Tertangkap Di China |Peristiwa – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia membenarkan bahwa Kejaksaan agungtelah mengkomunikasikan penangkapan buronan kasus Pertolongan Likuiditas Bank Indonesia yang kabur sejak 2003 ialah Komisaris Utama Bank Trendi, Samadikun Hartono. Samadikun diringkus oleh pihak mempunyai hak di China.

“Iya, telah ada komunikasi dari kejaksaan soal penangkapan Samadikun Hartono itu,” kata Kepala Humas Imigrasi Kementerian Hukum & HAM Hero Santosa, Jakarta, hari minggu  17/4.

Meskipun sudah membenarkan penangkapan tersebut, Santoso mengungkapkan pihaknya belum mengetahui dengan cara jelas keberadaan Samadikun. Katanya pihak kejaksaan lah yang dapat menuturkan keberadaan Samadikun.

“Kalau itu tanyakan saja ke jaksa-nya,” kata Heru. Karena, buat menangkap pun mengambil pulang orang yang berada diluar negara tak mudah. Kan tak semudah itu jemput orang. Negeri lain kan miliki aturan sendiri,” tutupnya.

Ketahuan, pada bulan Juni 2003 majelis hakim kasasi memvonis Samadikun empat thn penjara sekaligus membatalkan putusan hakim PN Jakarta Pusat yang membebaskan terdakwa dari segala tuntutan. Samadikun didakwa menyalahgunakan dana BLBI utk memperkaya diri sendiri.