Usulan Dari DPR Baru Untuk KUA |Kemenag

Usulan Dari DPR Baru Untuk KUA |Kemenag Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Saleh Partaonan Daulay mengemukakan acara deradikalisasi yang dilakukan pemerintah, mampu jadi ujung tombak dalam sosialisasi & antisipasi bahaya radikalisme dengan terorisme di Indonesia. Buat itu, Kementerian Agama diminta mengerahkan Pegawai Kantor Urusan Agama di tiap kecamatan dalam acara ini.

“Kementerian Agama adalah salah satu Instansi negeri yang efektif dalam laksanakan kegiatan deradikalisasi ditengah penduduk lantaran mempunyai jaringan dari kantor yang menyebar merata di semua Indonesia,” kata Saleh Partaonan Daulay dalam siaran pers DiJakarta, Senin 18/1.

Politikus PAN itu, menyampaikan jaringan serta aparatur Kementerian Agama sanggup dipakai dalam pemantauan dengan pembinaan kegiatan kelompok-kelompok penduduk yang dinilai menyimpang. Keberadaan Kantor Urusan Agama yang ada di nyaris seluruhnya kecamatan, butuh dilibatkan dalam acara deradikalisasi yang dilakukan pemerintah maka KUA selain mengurusi perkawinan serta perceraian.

“Hampir seluruhnya kecamatan mempunyai KUA. Ada PNS yang bekerja di sana bersama pekerjaan mendidik dengan memfasilitasi umat dalam menjalankan agama. Sayang sekali seandainya jaringan seperti ini tak difungsikan,” katanya.