Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Ditutup Akibat Serangan Ribuan Lebah

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Ditutup Akibat Serangan Ribuan Lebah – Arah pendakian ke Gunung Barah Purba Nglanggeran di Gunungkidul ditutup sesaat. Hal semacam itu lantaran beberapa ribu lebah madu style tawon gung menyerang masyarakat serta pengelola object wisata itu. Lebah mengamuk lantaran sarangnya diganggu oleh burung elang.

” Sesaat memang ditutup (Pendakian ke Gunung Barah Purba Nglanggeran) , penutupannya mulai hari Senin (19/11/2018) malam, ” kata sisi pemasaran wisata Gunung Barah Purba Nglanggeran, Heru Purwanto, terhadap wartawan, Rabu (21/11/2018) .

Disebutkannya, penutupan sesaat itu berkat serangan lebah semenjak hari Minggu, (18/11) pada salah seseorang masyarakat. Bahkan juga serangan itu berbuntut sampai Selasa tempo hari. Biarpun demikian, lokasi wisata Nglanggeran masih di buka, seperti Kampung Pitu serta Embung Nglanggeran.

” Object wisata yang lain masihlah di buka seperti biasa, cuma arah pendakian saja ke gunung (Gunung Barah Purba Nglanggeran) saja yang ditutup, ” katanya.

Ditambahkan Pengelola Gunung Barah Purba Nglanggeran yang lain, Aris Triyono, jika serangan lebah itu bermula kala seseorang petani tersengat tawon gung hari Minggu (18/11/2018) kala mencari rumput di sekitaran puncak Gunung Barah Purba Nglanggeran. Lantaran tersengat, petani itu lantas membunuh tawon itu.

Tidak berhenti disana saja, dalam hari selanjutnya beberapa ratus lebah itu menyerang beberapa wisatawan yang tengah mendaki di Gunung itu. Bahkan juga beberapa antara lain mesti mendapatkan perawatan medis.

” Hari Senin itu ada enam wisatawan yang mengenai (Sengatan tawon gung) serta dua antara lain sudah sempat dirawat di Rumah Sakit, ” tuturnya.

Buat menghambat perihal mirip berlangsung kembali, pihaknya berinisiatif buat tutup sesaat arah pendakian serta kerjakan penelusuran di tempat pendakian. Akan tetapi, sesuai sama wisatawan yang lain, beberapa pengelola wisata itu justru di serang tawon gung.

” Ada empat (pengelola wisata Nglanggeran) yang sudah sempat dirawat dalam rumah sakit lantaran serangan lebah tempo hari, ” tukasnya.

Ditambahkan Aris, dari info salah seseorang korban padanya, disangka sarang lebah itu ada di Gunung Bongos, yang pasti di selatan Gunung Barah Purba Nglanggeran, diganggu oleh burung elang sehingg lebah-lebah itu keluar dari sarang serta mengamuk.

” Mungkin lantaran ada burung elang ular bido yang berterbangan di lebih kurang tempat itu, serta lantaran mau dimangsa, beberapa ratus tawon itu keluar dari sarangnya, ” ujarnya.